BERITAOPINI.ID PURWOKERTO JATENG | PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan Kereta Api Kertanegara (PLB 168B) relasi Purwokerto–Malang atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat keterlambatan keberangkatan pada Sabtu, 13 Desember 2025.
Keterlambatan tersebut terjadi karena KA Kertanegara PLB 168B relasi Purwokerto–Malang yang seharusnya diberangkatkan dari Stasiun Purwokerto pada pukul 18.40 WIB mengalami keterlambatan dengan estimasi waktu sekitar 80 menit. Keterlambatan ini merupakan imbas adanya gangguan pada rangkaian KA Kertanegara (PLB 167) relasi Malang–Purwokerto, sehingga rangkaian belum dapat segera digunakan untuk perjalanan lanjutan.
Sejak menerima laporan, KAI Daop 5 Purwokerto segera melakukan koordinasi intensif dengan seluruh unsur terkait guna memantau pergerakan rangkaian serta memastikan pelayanan kepada pelanggan tetap berjalan dengan baik. Pada pukul 19.45 WIB, KA Kertanegara PLB 167 diketahui telah masuk Stasiun Kutoarjo dan diperkirakan tiba di Stasiun Purwokerto sekitar pukul 20.00 WIB.
Pelaksana Harian Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Imanuel Setya Budi Harwanto, menyampaikan bahwa KAI terus berupaya meminimalkan dampak keterlambatan tersebut.
“Kami memohon maaf kepada para pelanggan KA Kertanegara atas keterlambatan keberangkatan yang terjadi. KAI mengutamakan keselamatan dan keandalan operasional, serta memastikan pelanggan mendapatkan informasi secara berkala selama proses penanganan berlangsung,” ujarnya, Sabtu (13/12/2025), dalam siaran pers.
KAI Daop 5 Purwokerto mencatat jumlah pelanggan KA Kertanegara PLB 168B pada perjalanan tersebut sebanyak 254 pelanggan, dengan 130 pelanggan berangkat dari Stasiun Purwokerto. Bagi pelanggan yang tidak berkenan menunggu keterlambatan perjalanan, KAI memberikan fasilitas pengembalian bea tiket (refund) sebesar 100 persen di luar bea pesan. Proses refund dapat dilakukan maksimal 3 x 24 jam setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket, melalui loket pelayanan pelanggan di stasiun (loket online) dan tidak dilayani melalui mesin loket box.
KAI juga telah menyampaikan pemberitahuan keterlambatan melalui SMS blast kepada pelanggan KA Kertanegara yang terdampak.
KAI Daop 5 Purwokerto memastikan bahwa keselamatan dan kenyamanan pelanggan tetap menjadi prioritas utama. Informasi perkembangan perjalanan terus disampaikan secara berkala kepada pelanggan melalui petugas di stasiun.
Atas kejadian ini, KAI Daop 5 Purwokerto mengucapkan terima kasih atas pengertian dan kesabaran seluruh pelanggan Kereta Api Kertanegara. KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan keandalan layanan demi menghadirkan transportasi yang aman, nyaman, dan berkelanjutan bagi masyarakat.
















