Example floating
Example floating
Example 468x60
BeritaJawa TengahKabupaten Purworejo

Stasiun Kutoarjo Catat Pertumbuhan Penumpang dan Peningkatan Layanan di Semester I 2025

74
×

Stasiun Kutoarjo Catat Pertumbuhan Penumpang dan Peningkatan Layanan di Semester I 2025

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

BERITAOPINI.ID PURWOREJO JATENG | Stasiun Kutoarjo terus menunjukkan peran strategisnya dalam pelayanan perkeretaapian di wilayah selatan Jawa Tengah. Pada semester I tahun 2025, Stasiun Kutoarjo mencatat pertumbuhan volume penumpang sebesar 7%, dari 580.673 menjadi 620.015 penumpang.

Pertumbuhan ini merupakan bagian dari tren positif PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto, yang secara keseluruhan mencatat kenaikan 12% jumlah penumpang dibandingkan tahun sebelumnya.

Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro, menyampaikan bahwa Stasiun Kutoarjo merupakan salah satu titik layanan penting yang konsisten mencatatkan peningkatan.

“Stasiun Kutoarjo tidak hanya menunjukkan pertumbuhan dari sisi volume penumpang, tetapi juga terus berbenah dalam hal pelayanan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat yang terus meningkat terhadap layanan kereta api,” ujar Krisbiyantoro, Rabu (2/7/2025), saat siaran pers.

Sejumlah upaya peningkatan layanan di Stasiun Kutoarjo telah dilakukan, antara lain:

Tersedianya peron tinggi di Stasiun Kutoarjo untuk memudahkan naik dan turun pelanggan

Penerapan sistem boarding Face Recognition, yang mempercepat proses pemeriksaan tiket secara aman dan tanpa kontak fisik.

Perbaikan dan peremajaan fasilitas publik, seperti ruang tunggu, toilet, dan penyediaan water station (fasilitas air minum gratis) untuk pelanggan.

Dukungan layanan kereta api bersubsidi (PSO) dari pemerintah, seperti KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo – Kiara Condong, yang tetap menjadi favorit masyarakat berkat tarifnya yang terjangkau namun tetap nyaman.

Stasiun Kutoarjo juga mendapatkan keuntungan dari peningkatan konektivitas kereta api di wilayah Daop 5, seperti:

Pengoperasian KA Sancaka Utara relasi Cilacap – Surabaya Pasarturi, yang membuka akses jalur selatan ke Jawa Timur bagian utara.

Implementasi Gapeka 2025, yang mempercepat waktu tempuh dan menyederhanakan jadwal perjalanan, turut memberi efek positif bagi stasiun-stasiun besar seperti Kutoarjo.

Secara keseluruhan, volume penumpang Daop 5 pada semester I tahun 2025 mencapai 4.390.326 orang, naik dari 3.923.832 orang pada periode yang sama tahun lalu.

PT KAI Daop 5 berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan di Stasiun Kutoarjo dan seluruh wilayah operasionalnya melalui inovasi digital, kenyamanan fasilitas, dan pelayanan yang semakin ramah pelanggan.

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *